Sabtu, 15 September 2012

Tips untuk Fresh Graduate



Para Fresh Graduate tentunya bangga sekali saat bisa lulus dengan susah payah dari universitasnya.. Bervariasi sekali durasi kelulusan dari kampusnya ada yang malah memaksimalkan toleransi waktu tersebut, ha.ha..

Ya tiap orang memang beda-beda motivasi untuk kuliah.. ada yang memang cari ilmu, atau disuruh ngelanjutin oleh ortu, sekedar cari koneksi atau malah buat cari jodoh.. Ya boleh apa sajalah motivasinya yang penting udah lulus beres lah..
Sewaktu kuliah mungkin ingin cepet lulus tapi setelah lulus justru kebanyakan pada bingung mau ngapain lagi..

Nah saya sebagai orang yang mungkin dah pernah ngelewatin yang namanya lulus dan jadi FG (fresh graduate) ingin berbagi.. moga-moga bisa bermanfaat..

Setelah lulus mau apa.. tentunya ada yang bilang sayang kalau ilmunya ga dipake dulu.. Maksudnya dipake itu ya berarti kita pasti kerja di suatu perusahaan. Perusahaan idaman pasti lah ada di bayangan kita pas kuliah.. kalo yang ga ada mulai sekarang coba cari tau dulu biar nanti ga bingung..

Coba bulatkan niat anda jika memang ingin kerja di suatu perusahaan.. Bila memang anda berniat kerja carilah perusahaan yang benar-benar baik.. Salah satu contoh mungkin sering mendengar Perusahaan Astra.. Ya itu memang perusahaan idaman.. ya cobalah biar ga nyesel seumur hidup.. Ya mau nanti tahap pertama dah ga lolos ya gpp lah.. Jangan pernah coba kerja di perusahaan asal-asalan dulu sayang sekali umur anda.. Yang perlu anda kejar itu pengalaman. Pelajaran kuliah itu yang saya rasakan seperti tidak bisa langsung diterapkan dalam dunia kerja..
Anda perlu untuk belajar lagi di perusahaan, nah pelajaran yang baik itu tentunya hanya diperoleh di perusahaan yang telah jelas struktur dan sistem..

Sekali lagi perusahaan yang bagus tentunya mempunyai jenjang karir dan fasilitas yang baik untuk anda.. Anda sudah bisa tau kira-kira mau jadi apa 5 tahun lagi di sana.. Oke. ok.. jangan pernah karena anda ingin mudah maka cari perusahaan yang dengan gampangnya menerima anda.. Ingat apa yang diraih dengan cara yang sulit tentunya akan membuahkan buah yang nikmat pada akhirnya..

Tidak ada hal yang gratis di dunia ini tanpa perjuangan.. jadi berjuanglah..
Sukur-sukur bila nasib anda lagi mujur anda bisa masuk ke perusahaan minyak.. Ya cobalah walau mungkin sulit.. memang anda bakal terombang-ambing di dunia antah berantah dan jauh dari keluarga dan orang dekat namun beberapa tahun saja kerja di sana anda bisa pulang dan bikin usaha sendiri..

Nah ngomong-ngomong soal bikin usaha sendiri anda tentunya perlu berpikir dari sekarang. Anda tidak mungkin terus-terusan kerja di perusahaan X sampai akhir hayat. Perusahaan bisa hidup tanpa anda.. Para FG banyak berjamur.. anda bisa didepak entah beberapa tahun kemudian.. Bila anda sudah tidak produktif lagi perusahaan tinggal cari lagi.. Banyak orang butuh cari kerja kok.. Nah makanya sedari sekarang cobalah untuk berpikir usaha apa yang kira-kira cocok.. Ini adalah pertanyaan yang harus anda tanyakan pada diri anda seumur hidup.. Anda suka apa bakat apa dan ingin berbuat apa dengan hal tersebut. Pokoknya yang bisa jadi uang.. Ha..ha.. kita realistis saja.. hal apa sih yang ga pake duit di jaman ini.. Apa-apa serba sulit anda perlu untuk melakukan proteksi dan jaga pemikiran anda dari sekarang..

Ya semoga kita mendapat titik cerah usaha yang baik untuk dijalankan kelak..
Bila anda membuat usaha sendiri anda menjadi tuan bagi diri anda sendiri..

Ingat kata-kata saya ini.. Saat anda bekerja di suatu perusahaan tentunya anda melakukan hal yang anda tidak ingin lakukan bukan.. Tentunya saat pagi hari kita ingin tetap bersantai-santai ria di balik selimut dan bangun saat kita sudah tidak mengantuk lagi.. Tentunya anda malas bukan bila harus berjam-jam melakukan pekerjaan yang anda tidak suka bukan.. Tentunya anda juga jengah bila anda dimarahi untuk kesalahan yang bukan dibuat oleh anda bukan.. Ya.. dunia kerja terkadang sama halnya seperti dunia politik dalam bentuk miniaturnya.. Jangan kaget saat anda kerja di suatu perusahaan yang super baik anda akan disikut oleh teman anda sendiri.. dunia ini keras kawan.. maka jadilah cerdik seperti kancil dan tulus seperti merpati.. Semoga anda semua diberkati

Bila ada kata-kata saya yang ngawur tolong dimaklumi wong saya cuman curhat saja..








Tidak ada komentar:

Latest Post

Frequently Troubleshooting

Berikut ini beberapa hal yang sering dialami oleh kita semua sebagai pemakai komputer. Semoga bisa membantu anda sekalian : 1) Settingan Kom...

Popular Posts