Sabtu, 13 Juni 2020

Komputer Anda Lambat? Mungkin Karena Segurazo

Halo guys.. sudah lama saya ga sharing-sharing lagi.. Bagaimana kabarnya sehat-sehat semua?
Moga-moga sehat deh ya.. Kali ini saya akan sharing mengenai pengalaman saya akhir-akhir ini.
Saya akhir-akhir ini memang sering download beberapa aplikasi dari internet. Saya sedang banyak browsing mengenai aplikasi yang cocok untuk mining.. apa itu mining ha.ha.. emang bisa nambang di internet ya? Ntar soal itu saya bahas nanti lagi.

Alhasil setelah saya melakukan banyak browsing dan download aplikasi tanpa disadari beberapa hari kemudian komputer saya tiba-tiba mengalami banyak masalah. Terkadang melambat, tiba-tiba excel tidak bisa membuka file langsung. Pernah mengalami tampilan excel terbuka tapi content warna abu? Ya itu bikin kesel kan ya..


Lalu saya juga karena suka membuat recording screen dari laptop sering menggunakan bandicam. Saat menjalankan bandicam ada kalanya saya perlu buka aplikasi lainnya yang menggunakan akhiran exe. Anda tahu kan yang saya maksud..? he.he..  Setiap kali saya buka tiba-tiba terhapus file exe tersebut.
Lalu saya coba non aktifkan anti virus seperti biasa. Namun tetap terjadi lagi, alias file tiba-tiba menghilang.

Akhirnya saya coba cek ke Task Manager. Di sana saya cek ada pergerakan asing.. Saya lihat logo ini..
Logo apakah ini? keren juga ya.. ha.ha. yes that's right sesuai judul di post saya ini Segurazo. Jika guys coba browsing di internet ini adalah antivirus. Tapi saya merasa tidak pernah install antivirus ini. Jadi darimanakah gerangan datangnya? Ow.. ternyata ini adalah paket plus plus dari download yang saya cari dari internet. Tanpa sadar jika anda perhatikan saat install ada checklist default otomatis sehingga aplikasi ini ikut terbawa. So gaess kalau install sebaiknya kita cek dulu dengan teliti biasakan membaca dengan baik semua informasinya.

Jadi gimana nih solusinya kalau sudah kena Segurazo ini?
Mudah guys. tinggal uninstall saja.
Ini step yang perlu guys lakukan :

A. Uninstall Segurazo

1. Klik Start

        

2. Lalu ketik Control Panel
  

3. Klik Uninstall Program
       

    Lalu muncul list program untuk di uninstall

4. Langsung cari saja logo Segurazo tadi. Saya cek sih ada 2 ya.. satu lagi itu warna biru.
    Cek berdasarkan nama saja.

5. Lalu akan ada permintaan untuk restart. Proses saja.


Saat nanti sudah kembali mungkin saja belum uninstall sempurna


B. Pastikan Segurazo Hilang

Langkah berikutnya bisa dengan cara end task caranya ulang lagi dari A. Langkah 1 dan 2  di atas lalu:
Klik task manager.

Cari logo Segurazo dan lakukan end task,
biasanya program tidak bisa diuninstall karena masih berjalan di belakang layar alias background process.


C. Ulang lagi Restart

Lalu coba proses yang sedang anda lakukan sebelumnya misal ingin buka exe apakah tiba-tiba masih menghilang? Jika sudah aman maka dipastikan sudah lenyap.

Semoga tips ini bermanfaat ya guys. Jadi jangan panik dulu kalau kena virus, caranya mudah koq..











Tidak ada komentar:

Latest Post

Frequently Troubleshooting

Berikut ini beberapa hal yang sering dialami oleh kita semua sebagai pemakai komputer. Semoga bisa membantu anda sekalian : 1) Settingan Kom...

Popular Posts