Minggu, 12 Juli 2020

Cara Lookup Data Case Sensitive di Excel

Guys pasti pada bingung ya dengan judul dari posting ini. Maksudnya apa sih? he.he.. ok gini guys.. Case sensitive ini maksudnya data kita ini tuh bener-bener sensitif dan dia maunya sama persis. Nah makin bingung kan.. Jadi gini guys kadang-kadang atau bahkan seringkali orang salah ketik sehingga tidak standar pada saat melakukan penulisan huruf besar dan kecil.. Nah yang pusingnya itu kalau data ini sudah tercatat sangat banyak di dalam suatu laporan. Dan misalnya kita baru menyadari saat akan melakukan lookup. Nah mulai kebayang kan ya?

Misalnya saya ada data dalam bentuk kolom dengan nama yang sama misalnya Doni. dan secara standar untuk menulis Doni itu harusnya ya "Doni" dengan D kapital di depan. Nah suatu saat dan beberapa kali ditulislah namanya menjadi beberapa variasi.. Karena terlalu kreatif menjadi "doni", "DoNi", "DonI".
Ya kurang lebih seperti itu lah..

Nah daripada pusing ya kita ambil kesepakatan saja data yang dianggap valid hanya yang menggunakan kapital di paling depan.

Cara yang tepat untuk mengatasi hal itu dengan menggunakan fungsi exact.

Bagaimana cara penerapannnya.. Langsung simak saja video di bawah ini ya guys..semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Latest Post

Frequently Troubleshooting

Berikut ini beberapa hal yang sering dialami oleh kita semua sebagai pemakai komputer. Semoga bisa membantu anda sekalian : 1) Settingan Kom...

Popular Posts