Jumat, 31 Juli 2020

Cara Mengaktifkan Menu Macro di Excel

Hallo guys sekalian apa kabar? Semoga sehat-sehat ya.. Ok guys kali ini saya akan info hal dasar dalam excel nih.. Seringkali beberapa subscriber yang menggunakan file macro dari saya menanyakan cara untuk aktifkan macro di excelnya.. Nah Kali ini saya akan share saja di sini cara untuk mengaktifkannya ya.. Biar ga pada pusing saya lansung pake video saja ya.. Buat temen-temen yang belum pernah coba macro nya mungkin bisa cek dulu posting saya mengenai macro tersebut di sini.

Microsoft excel yang cukup berbeda format menunya saya rasa hanya di 2007 dan 2013. Jika ada teman-teman yang pakai lebih dari itu yaitu di 2016 atau 2019 itu cukup identik dengan versi 2013. Jadi caranya pasti kurang lebih sama.


Ok langsung saja simak video saya untuk mengetahui caranya ya..




Ada kalanya mungkin kamu mengalami masalah saat menjalankan macro muncul notifikasi ini :

Error Macro Tidak Aktif

Ini berarti ada 1 settingan lagi yang diperlukan. Anda bisa ikutin langkah ini :
1. Dari Tampilan Office Klik Ribbon Developer
2. Lalu Macro Security di kiri
3. Lalu akan klik Macro Setting
4. Checklist sesuai tanda panah di bawah ini. 


Setting Aktif Macro

Kalau sudah di OK lalu keluar dan masuk lagi ke file tersebut.
Semoga berhasil

Kalau ada yang bingung boleh comment saja di blog ini guys.. 



Tidak ada komentar:

Latest Post

Frequently Troubleshooting

Berikut ini beberapa hal yang sering dialami oleh kita semua sebagai pemakai komputer. Semoga bisa membantu anda sekalian : 1) Settingan Kom...

Popular Posts