Selasa, 26 Oktober 2021

Excel Course


Hello guys, semoga sehat selalu.

Di jaman sekarang ini yang serba digital dan internet serba cepat tentunya membuat data begitu mudah didapat. Coba saja hal apa yang tidak bisa ditemukan di internet, kalian tinggal browsing melalui google akan ketemu tuh. Nah karena hal itu maka kita perlu untuk bisa mengolah semua data yang kita terima dengan baik.

Kalian juga coba cek deh untuk lowongan kerja yang sekarang paling dicari apa?

Nah udah dapet kan.. Yes.. Data Analytics.. Apa itu data analytics kalian bisa google sendiri. .Saya coba menjelaskan dengan bahasa saya ya.. Jadi Data Analytics itu adalah suatu ilmu untuk menggali suatu data sehingga dapat ditemukan suatu insight. Yes that's all. apa artinya data jika kita tidak bisa menemukan informasi penting di dalamnya.. Contohnya jika kita tidak bisa memahami suatu pola trend dalam trading tentunya anda tidak akan mendapat cuan kan? Bagaimana bisa mencari insight jika anda tidak bisa mengolah data menjadi suatu bentuk visual yang baik yang mudah dianalisa untuk mengambil keputusan.

Apakah kalian tau Tools untuk kebutuhan hal tersebut?

Yes.. Microsoft Excel. Kenapa? Kalian pasti bertanya-tanya. Kalian sekarang pakai OS apa di PC atau Laptop kalian? Pasti Windows dong.. Kenapa? Karena mudah pengoperasiannya.. Nah Windows ini kan keluaran microsoft pasti ga jauh-jauh dong dari sodaranya yaitu Microsoft Excel. Selain Excel kalian juga pasti tau Word, Power point juga.

Apakah kalian sudah menggunakan Excel ini dengan baik? Maksudnya apakah excel ini masih digunakan sebagai tools buat nyimpan data ketikan saja atau sudah bisa dipakai untuk olah data? Atau untuk mempermudah kerjaan kalian.

Nah melalui post ini saya ingin mengajak guys sekalian buat belajar Excel? Tapi saya ga munafik juga ya guys.. tentunya kita perlu ada mutualisme.. Ya itung-itung buat saya ngopi atau bayar listrik dan internet.

Kalian bebas misalnya mau belajr lewat cara apa.. Tapi ya saya sarankan lewat zoom atau google meet (Video Conference). Maklum jaman sekarang rentan yang namanya Covid-19. Lebih baik kita jaga kesehatan dan tidak saling berdekatan dulu.



Murah saja guys.. Saya coba 25rb per jam. 

Tentunya kalian bisa coba kontak saya dulu lewat Wa ya..kalian bisa temukan wa saya di bagian kontak.

Jadi saya perlu untuk bisa persiapkan dulu untuk hal-hal yang akan kalian tanya.

Saya akan berusaha mengajar dengan cara yang mudah dimengerti sampai kamu paham.

Kalau kalian pengen tau perkiraan cara saya mengajar bisa coba cek di beberapa video youtube saya.. Kalian bisa coba mampir ke sini

Coba liat-liat dulu saja.

Tentunya setiap orang itu berbeda-beda ya ada yang bisa liat video lalu paham ada yang mesti didampingi nanti dengan zoom atau g meet kalian bisa share screen dan saya pandu.

Tidak hanya untuk kalangan yang masih pelajar tapi untuk karyawarn juga boleh. Saya sendiri adalah seorang Data analyst yang biasa melakukan pengolahan data dalam pekerjaan saya. Bagi yang mau cek portofolio saya bisa mampir ke linkedin saya.

Ini hal yang bisa kalian tanyakan ya.. biar kebayang yang akan kita pelajari :

A. Penggunaan formula

1. Modifikasi text

2. Mengisi data secara cepat dari suatu tabel referensi menggunakan 1 kriteria atau lebih

3. Penjumlahan, rata-rata menggunakan 1 kategori atau lebih

4. Kalkulasi partial data per kolom

5. Memahami penggunaan kondisi

6. Mengganti karakter dari suatu cell secara cepat

7. Mengganti format suatu data


B. Penggunaan fitur

1. Mencari cepat data per kolom

2. Mengunci tampilan baris dan kolom

3. Membuat Tabel

4. Mengubah warna text atau cell

5. Menandai cell dengan pattern

6. Menulis text dengan style tertentu

7. Menandai suatu cell secara otomatis dengan suatu kondisi

8. Memisahkan text dari 1 cell menjadi beberapa cell dengan pola tertentu

9. Menghilangkan data duplikat

10. Melakukan pengurutan data dari depan ke belakang atau sebaliknya


C. Presentasi data

1. Menggunakan Pivotable

2. Membuat Pivotchart 

3. Membuat grafik (line, pie, dst)


Jika kalian ada kebutuhan untuk membuat tools juga boleh konsultasikan ke saya dan bila ingin dibuatkan boleh, tapi dengan timbal balik tentunya.. Fee sesuai dengan tingkat kesulitan.


Ok, semoga bisa membantu jangan ragu untuk kontak saya ya..  Chat only from wa..

Karena saya orang kerja kita paling bisa training di luar jam kerja.. 










Tidak ada komentar:

Latest Post

Frequently Troubleshooting

Berikut ini beberapa hal yang sering dialami oleh kita semua sebagai pemakai komputer. Semoga bisa membantu anda sekalian : 1) Settingan Kom...

Popular Posts